Jumat, 16 Juni 2017

Sulteng: Bermigrasi Atau Mati Kelaparan?

Foto: Istimewa
PORTAL-SPR - Melihat perubahan material di sulawesi tengah, terdapat begitu banyak kontradiksi yang bergejolak di hampir semua kabupaten dan kota. Ya,,,kita tidak bisa menutup mata terhadap campur tangan neo-liberalisme yang semakin masif dalam membuka ruang ekspansi kapital.

Masifnya Industrialisasi pertambangan dibeberapa kabupaten di Sulteng dibarengi dengan Proletariasasi; mutasi dari borjuis kecil (pemilik tanah) menjadi buruh bagi perusahaan-perusahaan tambang. Namun tidak semua borjuis kecil yang mengalami perampasan tanah mendapatkan ruang untuk bekerja sebagai buruh. Proses industrialisasi ini juga menyebabkan sebagian besar petani (korban perampasan tanah) pada akhirnya kehilangan pekerjaan, tak ada lagi tanah yang bisa mereka garap. Fenomena ini mirip dengan industri perkebunan kelapa sawit, bahkan mengorbankan lebih banyak rakyat melalui perampasan tanah.

Gejolak ini yang kemudia mengingatkan saya pada apa yang terjadi di pulau Jawa, tanah garapan petani sudah semakin sempit memaksa mereka harus memilih menjad buruh, namun untuk menjadi buruh upahan mereka harus memenuhi kriteria yang di tetapkan oleh perusahaan, yaitu minimal harus memiliki ijaza Sekolah Menengah Atas.  

Rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan sebagian besar dari mereka tidak mendapat kesempatan untuk bekerja, ditambah lagi terbatasnya lapangan kerja yang di sedakan oleh perusahaan membuat mereka harus terlempar dari persaingan untuk bertahan hidup. 

Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah bermigrasi ke luar negeri untuk sekedar mengais rejeki agar tetap dapat bertahan hidup dan menopang perekonomian keluarga. Maka tidak heran jika pulau Jawa menjadi basis buruh migran terbesar di Indonesia.

Fenomena ini yang kumudia muncul di benak saya. Sebentar lagi penduduk Sulawesi Tengah akan di hadapkan pada pilihan; Bermigrasi atau Mati Kelaparan?

Bersiaplah.!!!
Share:
Lokasi: Palu, Palu City, Central Sulawesi, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Cari Blog Ini

Ordered List

Recent Posts

Unordered List

Featured Post

Tergerusnya gerakan feminisme dalam ruang-ruang subjektifisme

Tergerusnya   gerakan feminisme dalam ruang-ruang subjektifisme Bukan sesuatu yang asing lagi mengenai persoalan perempuan, sejak per...

Pages

Theme Support